Alat Bantu Dengar – Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perawatan

Ketika seseorang memiliki kondisi seperti Penyakit Meniere, mereka mungkin sangat sulit tidur dan melakukan aktivitas normal

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan abnormal cairan di telinga bagian dalam yang disebut serumen.

Vertigo – Ini adalah istilah untuk pusing. Mungkin juga ada suara berdebar atau berdengung di telinga. Diagnosis Penyakit Meniere membutuhkan: dua episode pusing, masing-masing berlangsung antara enam dan sepuluh menit tetapi tidak pernah lebih dari 24 jam.

Penyakit Meniere ditandai dengan gejala yang bervariasi dari orang ke orang. Gejalanya meliputi rasa penuh atau tekanan telinga yang konstan atau intermiten, bersiul, dering, klik, letupan, nyeri konstan atau intermiten di telinga, sensasi tinitus, dan terkadang kehilangan pendengaran. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Seorang dokter mungkin perlu menjalankan tes pendengaran untuk memastikan diagnosis gangguan ini. Dia mungkin meminta Anda untuk memakai alat bantu dengar di satu telinga selama seminggu untuk memastikan diagnosis. Seorang dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menjalani pemeriksaan medis. Diagnosis Penyakit Meniere membutuhkan: gangguan pendengaran yang diverifikasi oleh audiogram.

Vertigo – Ini adalah perasaan pusing. Seorang dokter mungkin meminta Anda untuk memakai alat yang disebut Doppler untuk menentukan apakah vertigo Anda berasal dari vertigo atau apakah itu terkait dengan gangguan pendengaran. Diagnosis Penyakit Meniere membutuhkan: Vertigo diverifikasi melalui audiogram.

Vertigo biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan pada telinga bagian dalam karena melemahnya alat vestibular. Pada beberapa orang, vertigo berasal dari penyumbatan saluran pendengaran. Diagnosis Penyakit Meniere membutuhkan: vertigo dikonfirmasi melalui audiogram.

Seorang dokter dapat merekomendasikan prosedur otoplasty untuk meningkatkan ukuran telinga bagian dalam untuk mencegah kemungkinan penyumbatan. Prosedur lain adalah operasi pengangkatan telinga tengah. Pembedahan untuk memperbesar ukuran telinga mungkin diperlukan ketika tekanan atau penurunan ukuran telinga bagian dalam menyebabkan gejala. Gejala dapat dikurangi dengan penggunaan dekongestan atau obat antikolinergik.

Jika pembedahan tidak diperlukan, pilihan lain adalah mengobati kondisi yang mendasari yang menyebabkan gejala Penyakit Meniere. Misalnya, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan dekongestan untuk menghilangkan rasa sakit dan membantu meringankan tekanan di telinga. Pilihan pengobatan lainnya adalah terapi fisik.

Terapi Fisik – Seorang dokter mungkin menyarankan terapi fisik untuk tujuan mengendurkan otot-otot di telinga. Ini akan membantu meringankan beberapa gejala Penyakit Meniere. Terapi fisik juga dapat membantu memperkuat otot-otot di telinga.

Penyebab paling umum dari vertigo pada anak-anak dan orang dewasa adalah infeksi telinga

Seorang dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi yang menyebabkan vertigo. Untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh vertigo, dokter Anda mungkin merekomendasikan penggunaan dekongestan.

Gejala akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Gejalanya meliputi: sakit kepala, kehilangan pendengaran, dan vertigo. Diagnosis Penyakit Meniere membutuhkan: Vertigo diverifikasi melalui audiogram.

Vertigo – Seorang dokter dapat merekomendasikan penggunaan Doppler atau audiogram untuk mengkonfirmasi diagnosis. Ketika tidak ada rasa sakit atau kehilangan pendengaran, mungkin tidak perlu menjalankan audiogram untuk memastikan Penyakit Meniere. Namun, vertigo mungkin diperlukan pada kasus yang parah karena risiko infeksi yang mendasarinya.

Gejala Penyakit Meniere mungkin termasuk: sakit kepala, kesulitan menelan, sakit telinga, pusing, dan kehilangan pendengaran. Seorang dokter mungkin juga meresepkan obat untuk mengurangi gejala.

Pembedahan untuk memperbesar telinga atau operasi untuk mengobati kondisi itu sendiri adalah pilihan pengobatan lain untuk penyakit Meniere. Jika dokter memutuskan operasi diperlukan, operasi dilakukan untuk mengobati kondisi tersebut, bukan untuk meredakan gejala. Selama operasi, sebagian atau seluruh telinga bagian dalam, yang dikenal sebagai "telinga tengah", dapat diangkat. Hal ini penting karena telinga tengah bertanggung jawab untuk melindungi telinga bagian dalam dari kerusakan akibat suara keras.

Alat bantu dengar dapat digunakan jika telinga bagian dalam tidak berfungsi. Alat bantu dengar memiliki tujuan yang sama – untuk melindungi alat bantu dengar dari kerusakan suara. Namun, alat bantu dengar tidak membantu memperbaiki masalah keseimbangan yang disebabkan oleh kondisi ini.

Karena alat bantu dengar tidak memperbaiki masalah keseimbangan, mereka dapat menyebabkan beberapa gejala penyakit Meniere, seperti pusing dan pusing. Selain itu, alat bantu dengar dapat memperburuk situasi. Oleh karena itu, pasien harus mengikuti instruksi dokter mereka mengenai penggunaan alat bantu dengar dan membaca informasi perawatan di situs web www.motherandcare.in.th untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *