Apa itu Disinfektan Antimikroba?

Desinfektan adalah senyawa kimia cair yang digunakan untuk membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme atau sporanya pada permukaan yang tidak berpori. Penggunaan disinfektan dianggap sebagai bagian dari praktik sanitasi di rumah sakit. Disinfeksi dengan sendirinya tidak serta merta membunuh semua mikroorganisme, terutama spora bakteri yang resisten; itu jauh kurang efisien daripada sterilisasi sederhana yang merupakan proses kimia atau fisik yang sangat parah.

Banyak penggunaan disinfektan di tempat umum

Salah satu penggunaan disinfektan yang paling umum adalah untuk membersihkan lantai dan perabotan di restoran atau tempat lain yang memiliki banyak lalu lintas dan banyak orang makan dan mengobrol. Makanan merupakan sumber kuman yang baik dan tumpahan makanan mudah dibersihkan dengan menggunakan desinfektan.

Banyak pembersih rumah tangga mengandung beberapa jenis disinfektan, dan air yang dikandungnya biasanya aman untuk diminum. Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa meskipun ada banyak disinfektan di pasaran, tidak semuanya bekerja dengan cara yang sama.

Banyak bahan kimia dan disinfektan kimia mengandung klorin dan disinfektan lainnya, tetapi produk ini juga dapat memiliki efek samping yang berbahaya. Beberapa efek samping berbahaya dari penggunaan disinfektan antara lain mulut kering, kulit kering, batuk, asma, iritasi mata, masalah perut, nyeri dada, dan muntah. Efek samping lainnya termasuk sakit kepala, pusing, dan mual.

Saat memilih disinfektan, perlu diingat bahwa itu bukan bahaya kesehatan, tetapi ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, lebih aman menggunakan disinfektan yang dikombinasikan dengan bentuk pembersih lain, seperti pemutih, yang lebih lembut.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli disinfektan adalah keamanan dan kebersihannya. Pastikan produk mengandung bahan desinfektan yang aman digunakan pada perbekalan kesehatan, seperti jarum suntik atau sarung tangan.

Ada banyak jenis disinfektan yang tersedia di pasaran dan tersedia dalam berbagai kekuatan. Jika Anda membeli produk untuk aplikasi industri, pilih produk yang lebih kuat daripada produk untuk penggunaan pribadi. Selain itu, selalu pastikan bahwa disinfektan mengandung jumlah disinfektan yang cukup tinggi untuk membunuh semua mikroorganisme dalam larutan sebelum Anda menggunakannya.

Banyak orang memilih untuk membeli produk disinfektan secara online karena harganya jauh lebih murah daripada yang akan mereka bayar di toko perawatan kesehatan. Pengecer online menyediakan lebih banyak produk disinfektan daripada yang ditemukan di pengecer lokal. Namun, hal terpenting yang harus diingat saat membeli disinfektan secara online adalah membaca label dan memastikan bahwa Anda membeli produk yang benar.

Disinfektan antimikroba sering disertakan dalam disinfektan yang dibeli secara online

Disinfektan antibakteri ini biasanya dicampur dengan persediaan air, untuk meningkatkan efektivitasnya. Biasanya direkomendasikan bahwa produk ini digunakan setelah tercampur secara menyeluruh, sehingga tidak ada kemungkinan agen antimikroba akan terserap ke dalam pasokan air di sekitarnya.

Produk yang digunakan untuk larutan pembersih termasuk antiseptik dan pemutih. Anda dapat mencampur disinfektan ini dengan air untuk membuat larutan pembersih. Larutan pembersih ini biasanya digunakan dalam botol semprot atau botol bilas untuk membersihkan permukaan.

Ada juga produk yang berbentuk cair dan produk disinfektan ini dapat disemprotkan untuk mensterilkan benda-benda seperti perkakas, perkakas dan peralatan. Banyak produk rumah tangga, seperti pasta gigi, juga dapat digunakan sebagai disinfektan. Satu-satunya kelemahan produk ini adalah mengandung banyak pemutih.

Jika Anda menggunakan disinfektan cair, selalu pastikan untuk membilas objek secara menyeluruh sebelum menggunakannya. Jika Anda menumpahkan cairan disinfektan ke luka terbuka, dapat menyebabkan reaksi kimia yang dapat membakar luka. Cairan disinfektan tidak boleh langsung dioleskan ke kulit.

Salah satu jenis detergen cair yang biasa digunakan untuk mendisinfeksi adalah klorin dioksida. Beberapa pemilik rumah memilih untuk menggunakan produk ini sebagai pembersih rumah tangga mereka. Namun, Anda tidak disarankan menggunakan produk ini untuk mendisinfeksi rambut, permukaan persiapan makanan, atau apa pun yang mungkin bersentuhan dengan makanan.

Jika Anda membeli produk disinfektan antimikroba untuk lingkungan rumah, pastikan untuk memeriksa label untuk jumlah dan jenis desinfektan yang benar yang Anda gunakan. Selalu ikuti instruksi pada label, yang akan memberi tahu Anda berapa banyak disinfektan yang harus ditambahkan dan seberapa sering, sehingga Anda tidak merusak lingkungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *