Bagaimana Transduser Menghasilkan Gelombang Suara yang Membantu Mengurangi Rasa Sakit?

Dalam matematika, gelombang transversal terdiri dari gelombang osilasi yang arahnya tegak lurus terhadap gerak gelombang. Kondisi ini berarti panjang osilasi pada gelombang transversal akan lebih panjang dari panjang gelombangnya. Hal ini membuat sulit untuk menghasilkan gelombang dalam frekuensi dan panjang gelombang tertentu.

Gelombang transversal ini ditemukan di alam di mana-mana

Contohnya termasuk air yang mengalir di permukaan kolam atau sungai atau gelombang suara yang dihasilkan oleh air terjun. Mereka juga dapat ditemukan di udara. Ini disebut gelombang transonik dan gelombang dihasilkan ketika kecepatan suara lebih tinggi dari kecepatan suara dalam air.

Salah satu sifat yang paling penting dari gelombang transversal adalah bahwa mereka periodik. Ketika kecepatan suara tinggi, frekuensi gelombang meningkat. Ketika kecepatan suara berkurang, frekuensi gelombang berkurang. Ini disebut resonansi, yang terjadi karena gelombang dapat beresonansi satu sama lain.

Frekuensi gelombang osilator dapat dihitung menggunakan rumus seperti hukum Clausius. Namun, rumus tersebut hanya dapat digunakan untuk gelombang dengan jalur rambat datar. Dengan demikian, rumus tersebut tidak akan berguna untuk gelombang yang merambat dalam lintasan melingkar.

Meskipun gelombang geser ditemukan di mana-mana di alam, mereka sangat berguna dalam elektronik dan transduser akustik, yang digunakan untuk menghasilkan gelombang ultrasonik. Ultrasound adalah gelombang suara frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh perangkat seperti pistol sonik atau transduser ultrasonik.

Gelombang suara diciptakan oleh partikel sebagai akibat dari tumbukan di antara mereka. Ultrasound yang dihasilkan oleh senjata sonik dihasilkan oleh tumbukan molekul udara kecil dengan molekul udara lain yang lebih cepat dan tumbukan molekul udara yang sangat besar dengan molekul udara lain yang lebih lambat. Tumbukan tersebut menyebabkan perubahan tekanan dalam medium yang dilalui gelombang suara dari satu medium ke medium lainnya. Perubahan menciptakan gelombang yang merambat melalui lingkungan. Pada saat yang sama, gelombang suara menciptakan perubahan tekanan di lingkungan di mana gelombang suara muncul.

Dalam transduser, energi gelombang suara menghasilkan perubahan tekanan dalam medium, yang menghasilkan sinyal listrik. Sinyal listrik ini kemudian diubah menjadi sinyal listrik oleh tuner, yang mengubah energi mekanik menjadi sinyal listrik. Sinyal ini, yang kemudian diterjemahkan menjadi energi mekanik yang diukur dengan mikrofon atau kartu suara.

Transduser dapat digunakan dalam terapi ultrasound untuk merawat pasien dengan tuli.

Transduser juga dapat digunakan untuk membantu dalam pencegahan ketulian

Dalam USG, teknologi gelombang transversal memiliki berbagai aplikasi. Misalnya, transduser ultrasound dapat digunakan untuk mengobati tumor dalam tubuh dan untuk membantu mengobati taji tulang pada persendian. Mereka juga berguna dalam membantu cedera tulang belakang dan dalam pengobatan patah tulang dan kelainan bentuk tulang.

Transduser juga digunakan untuk mengirimkan gelombang suara ultrasound ke dalam tubuh manusia. Gelombang suara ini digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan untuk mengobati berbagai masalah neurologis.

Transduser juga digunakan dalam banyak aplikasi elektronik. Mereka dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik ke televisi atau untuk menyalakan komputer laptop. dan untuk mengirimkan sinyal untuk radio jam alarm pribadi.

Terapi ultrasound dapat diterapkan untuk berbagai macam masalah medis yang berbeda, termasuk mengobati cedera tulang belakang. Ini telah menjadi sangat populer karena berbagai macam penggunaan gelombang ultrasound di berbagai area.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *