Gejala Robekan Meniskus – Apa Penyebab Meniskus?

 

Jika Anda memiliki robekan meniskus, Anda akan sangat akrab dengan rasa sakitnya

Ini adalah peradangan ligamen dan merupakan sumber dari sebagian besar nyeri bahu. Ini bisa menjadi salah satu atau kombinasi gejala dan bisa menjadi penyebab nyeri bahu bagi sebagian orang. Artikel ini membahas apa itu menisci, apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya.

Menisci adalah tulang rawan yang menutupi tulang di sendi dan membantu melindungi tulang agar tidak bergesekan. Ketika seorang wanita mengalami ruptur meniskus, mereka mungkin mengalami berbagai gejala mulai dari nyeri ringan hingga nyeri parah.

Meniskus terdiri dari kapsul yang menopang lapisan luar jaringan ikat yang disebut cairan sinovial. Seiring bertambahnya usia seorang wanita, kapsul meniskus terkadang menjadi rapuh dan robek. Robekan terjadi ketika kapsul ditarik kembali ke dalam sendi oleh cairan sinovial. Rasa sakit bisa dirasakan tepat di bawah tingkat kapsul dan seringkali lebih buruk saat pilek atau saat menggerakkan lengan atau bahu. Mungkin juga terasa di sekitar area tulang belikat.

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi keparahan gejala. Misalnya, jika ada radang sendi di persendian, maka rasa sakit dan kekakuan akan jauh lebih parah daripada jika bukan radang sendi. Ada faktor lain yang dapat menyebabkan nyeri meniskus seperti herniasi diskus, taji tulang atau bursitis.

Penting untuk diingat bahwa jika rasa sakitnya hanya ringan maka tidak perlu mencari nasihat medis. Tidak perlu minum tablet pereda nyeri dan jika gejala Anda tidak membaik maka ini biasanya merupakan gejala radang sendi dan perlu diobati. Namun, jika rasa sakitnya parah maka disarankan untuk menemui dokter.

Gejala robekan meniskus dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan oleh karena itu penting untuk dicatat bahwa mereka dapat menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan radang sendi sehingga pengobatan diperlukan. Namun, tidak perlu mengobati sendiri gejalanya, penyebab gejala bisa jadi mengobati penyebabnya.

Bentuk perawatan yang baik adalah icing di bahu dengan lembut

Jumlah es yang dibutuhkan akan tergantung pada tingkat keparahan gejalanya.

Kekakuan adalah tanda lain dari robekan meniskus. Hal baiknya adalah begitu gejalanya hilang, sendi akan mulai sembuh dan seiring bertambahnya usia, kekakuannya akan berkurang.

Gejala robekan meniskus bisa sangat mirip dengan yang dialami jika sendi telah terluka dengan cara yang sama. Jika Anda mengalami rasa sakit, bengkak atau nyeri tekan maka ini bisa jadi karena osteoarthritis yang disebabkan oleh ketegangan berulang pada sendi.

Gejala robekan meniskus termasuk rasa sakit di satu sisi bahu. Gejala lain mungkin termasuk nyeri di bagian atas lengan, nyeri di sekitar tulang belikat, kekakuan dan gerakan bahu yang terbatas.

Obat penghilang rasa sakit akan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan rasa sakit. Anda juga dapat memperoleh manfaat dari perawatan panas atau ultrasound. Perawatan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke sendi yang rusak.

Perawatan untuk robekan meniskus umumnya melibatkan manajemen nyeri dengan terapi fisik. Fisioterapis Anda akan merekomendasikan aktivitas dan latihan yang akan membantu memperkuat area tersebut.

Anda juga dapat diberikan peregangan dan latihan untuk membantu area yang cedera, yang juga harus dilakukan di lingkungan yang hangat untuk mencegah terbentuknya robekan lebih lanjut. Otot-otot akan kembali diperkuat dengan pijatan biasa. Belat juga digunakan untuk menyatukan sendi pada tahap ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *