Pengobatan Gangguan Stres Pasca Trauma Kompleks pada Anak

Anak-anak yang menyaksikan kematian tragis orang yang dicintai dalam kecelakaan mobil mungkin menunjukkan beberapa gejala umum PTSD kompleks. Seorang anak yang telah mengalami pelecehan seksual atau fisik selama masa kanak-kanak dapat mengembangkan gejala kompleks PTSD dan PTSD. Anak tersebut kemudian sering dirujuk ke pusat pelecehan seksual anak, di mana kebutuhannya dipertimbangkan. Di pusat-pusat ini, anak-anak diajarkan tentang trauma dan dampaknya terhadap kehidupan mereka, dan mereka diajarkan mekanisme koping untuk bertahan dari trauma.

Anak-anak yang dilecehkan selama masa kanak-kanak sangat rentan dan mungkin memerlukan perhatian khusus. Butuh waktu lama bagi anak-anak ini untuk mengatasi trauma masa lalu dan menjadi orang yang sehat dan bahagia. Meskipun butuh waktu bertahun-tahun untuk pulih, anak-anak tidak diharuskan menghadiri sesi psikoterapi sendiri, dan banyak anak akan menerima psikoterapi dan perawatan medis terkait dari terapis berlisensi.

Psikoterapi membantu orang tua dan pengasuh memahami lingkungan dan perilaku anak mereka, dan bagaimana perilaku itu dapat diubah. Psikoterapi juga dapat membantu anak mengatasi trauma dan mengatasi perasaan yang terkait dengan trauma. Psikoterapi dapat membantu anak-anak memahami perasaan dan perilaku mereka dan mengembangkan cara untuk mengatasi perasaan dan perilaku tersebut.

Anak-anak yang menderita PTSD kompleks sering kali harus menjalani sesi terapi sendirian. Seringkali, anak-anak takut untuk berbagi pengalaman dan emosi mereka dengan orang lain. Terapis dapat membantu anak menyadari bahwa dia tidak sendirian, dan bahwa ada orang lain yang pernah mengalami trauma yang sama seperti mereka.

Pengobatan PTSD kompleks bisa sangat individual

Tujuan terapi adalah untuk mengidentifikasi dan mengobati penyebab gangguan, sementara juga mencoba untuk mengobati gejala anak, yang biasanya merupakan bagian tersulit dari terapi. Sering kali, dibutuhkan beberapa kali perawatan sebelum gangguan tersebut benar-benar diobati, dengan keberhasilan dalam jangka panjang berkisar antara tiga puluh sampai sembilan puluh persen.

Gejala PTSD kompleks termasuk depresi, kecemasan, mimpi buruk, ketakutan akan kematian, kilas balik trauma, penghindaran situasi sosial, dan serangan panik. Untuk menentukan apakah seorang anak menderita PTSD kompleks, psikolog atau anggota keluarga dapat berbicara dengan anak tersebut, meminta anak untuk menjelaskan gejalanya, dan kemudian menilai apa yang dia yakini sebagai gejalanya. Anak tersebut mungkin perlu menghadiri pusat pelecehan seksual anak untuk menentukan apakah anak tersebut menderita PTSD atau tidak. Setelah anak diidentifikasi menderita PTSD kompleks, rencana perawatan dapat dirancang yang akan berfokus pada penyebab masalah dan akan membantu anak untuk mengelola gejalanya, serta membantu anak menyesuaikan diri dengan keadaannya. lingkungan.

Jika Anda menduga anak Anda mungkin menderita PTSD kompleks, bicarakan dengan dokter keluarga atau penyedia layanan kesehatan mental Anda untuk melihat apakah Anda dapat menjadwalkan konsultasi untuk melihat apakah kondisinya cocok untuk keluarga Anda. Anda mungkin dapat membuat rujukan ke terapis yang berspesialisasi dalam perawatan anak-anak. Sebagian besar terapis yang berspesialisasi dalam perawatan anak-anak memenuhi syarat dan terlatih untuk menangani anak-anak yang menderita PTSD dan akan bekerja sama dengan dokter atau dokter keluarga Anda untuk mengatasi semua masalah Anda dan membantu anak serta memastikan bahwa anak Anda menerima psikoterapi yang efektif.

Perawatan di pusat-pusat pelecehan seksual anak, dan bahkan di pusat kesehatan mental, didasarkan pada konsep bahwa anak-anak mampu pulih dari trauma ini dan akan sembuh dari trauma yang mereka alami. Saat merawat PTSD kompleks, terapis akan bekerja untuk mengajari anak cara mengenali gejala, memahami pemicunya, dan kemudian mengembangkan rencana untuk mengatasi gejala serta membantu anak menciptakan hubungan yang lebih sehat dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *