Retinoblastoma – Ketahui Prognosis dan Pilihan Pemulihan

Retinoblastoma adalah bentuk kanker yang sangat langka yang hanya menyerang anak-anak

Sebagian besar anak yang baru didiagnosis dengan tumor retinoblastik berusia kurang dari lima tahun. Usia khas deteksi adalah dua sampai tiga tahun. Anak perempuan dan anak laki-laki sama-sama didiagnosis pada tingkat yang sama, meskipun ras dan kelompok etnis yang berbeda didiagnosis pada tingkat yang berbeda.

Bentuk kanker ini adalah salah satu bentuk paling umum dari kanker anak, kedua setelah kanker serviks pada kedua kelompok umur. Dalam beberapa kasus, penyebab retinoblasty tidak diketahui. Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat menentukan diagnosis berdasarkan lokasi tumor. Mereka juga dapat menggunakan teknik pencitraan untuk mencari bukti migrasi sel pada pasien yang telah menjalani operasi untuk mengangkat beberapa tumor atau diduga memiliki tumor. Biopsi juga dapat membantu untuk membuat diagnosis.

Jika seorang anak memiliki salah satu gejala berikut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter anak anak Anda: warna kulit tidak teratur, kulit kering, rambut hitam dengan bercak putih, rambut rontok, mata bernoda merah, bengkak dan nyeri di pipi, hidung dan/atau dagu, dan kesulitan bernapas. Seorang dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan oleh dokter mata untuk menyingkirkan ablasi retina dan kanker mata. Jenis kanker retina ini biasanya tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan standar.

Secara umum, jika Anda melihat adanya perubahan pada penampilan anak Anda, dan Anda menduga dia mungkin menderita retinoblat, Anda harus menghubungi dokter anak Anda untuk membuat janji untuk mendiskusikan masalah tersebut dengannya. Ada beberapa jenis kanker retinoblastik yang dapat didiagnosis oleh dokter anak, sehingga sangat penting untuk mengetahui masalah kesehatan anak Anda.

Tumor retina jinak biasanya jinak, tetapi masih dapat menyebabkan masalah penglihatan atau komplikasi serius lainnya. Kemungkinan besar bisa disembuhkan dengan operasi. Jika anak Anda berkembang singkatan retino ganas atau tumor retinoid yang telah menyebar ke mata lainnya, prognosis pasien akan jauh lebih buruk daripada jika dia baru saja menderita kanker kulit non-melanoma.

Dalam banyak kasus, anak akan menjalani operasi untuk mengangkat tumor yang tumbuh di mata dan pengobatan untuk neoplasma ganas lainnya yang mungkin ada di mata. Ini adalah prosedur yang sangat berisiko dan memiliki tingkat kematian tertinggi dari semua kanker anak. Operasi harus selalu dilakukan hanya jika tidak ada pengobatan lain. Sangat sulit untuk mendeteksi tumor tanpa operasi, karena tumbuh di lapisan tipis. Jika Anda menduga tumor menyebabkan kehilangan penglihatan anak Anda, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi masalahnya.

Anda dapat menggunakan laser atau sumber cahaya untuk melihat ke dalam mata untuk mencari petunjuk apakah ada tumor atau jika ada tanda-tanda pertumbuhan di mata itu sendiri. Sinar-X juga akan memungkinkan dokter untuk mendeteksi tumor.

Beberapa dokter mungkin mencoba pilihan pengobatan non-bedah untuk tumor retina. Yang paling umum adalah cryotherapy, terapi fotodinamik dan fotokoagulasi. Prosedur ini memerlukan aplikasi obat yang menyebabkan sel berhenti tumbuh di sel retina. Terapi fotodinamik menggunakan bahan kimia seperti tazarotene yang menghancurkan jenis melanin tertentu, yang bertanggung jawab atas pigmentasi, sedangkan fotokoagulasi menggunakan sinar ultraviolet, yang menghancurkan pigmen. Meskipun perawatan ini tidak serta merta menyembuhkan kanker retina, mereka dapat memperlambat laju pertumbuhan dan menghasilkan beberapa tingkat perbaikan.

Dalam hal pembedahan diperlukan untuk mengangkat tumor retina, pembedahan mungkin akan menjadi prosedur pembedahan "blok cabang" di mana ahli bedah mengangkat sebagian tumor pada suatu waktu. Dalam kebanyakan kasus, tumor akan diangkat seluruhnya melalui bagian belakang mata. Tujuan dari operasi ini adalah untuk mencegah pertumbuhan baru di mata.

Meskipun prognosis untuk mengobati masalah penglihatan anak-anak baik dengan pilihan pengobatan ini, penting untuk diingat bahwa jenis kanker ini sangat dapat diobati melalui metode tradisional. Ada berbagai pilihan yang tersedia untuk dipilih yang akan mengatasi prognosis dan tingkat keparahan kondisi. untuk meningkatkan kemungkinan kesembuhan anak. Penting juga untuk mendiskusikan kemungkinan ini dengan dokter sebelum memutuskan pengobatan.

Retinoblastoma bisa menjadi kondisi yang sangat serius dan tidak boleh diabaikan. Bicaralah dengan dokter Anda jika anak Anda menunjukkan salah satu gejala yang disebutkan di atas dan dapatkan saran tentang pengobatan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *