Sariawan Oral – Cara Mengobati Sariawan dan Penyebab Umum

Oral thrush juga disebut sebagai oral thrush, atau oral thrush candidiasis

Oral thrush adalah infeksi flora mulut, yang merupakan populasi mikroorganisme ramah yang hidup di dalam dan di permukaan mulut kita. Ini biasanya disebabkan oleh ragi Candida albicans, yang secara alami ada di vagina dan saluran pencernaan. Namun, dapat juga disebabkan oleh berbagai jamur atau bakteri lain, termasuk Candida genitalium, Candida kenyae dan spesies jamur lain yang terjadi secara alami di dalam mulut sebagai bagian dari keseimbangan normal yang sehat.

Ragi adalah organisme alami dan tidak berbahaya sama sekali. Namun, beberapa hal dapat menyebabkan ketidakseimbangan keseimbangan alami ragi. Salah satu hal ini adalah pertumbuhan berlebih dari pertumbuhan berlebih ragi.

Ada beberapa penyebab sariawan mulut. Sariawan mulut dapat disebabkan ketika seseorang menderita sariawan sebagai respons terhadap beberapa pengobatan. Ini mungkin termasuk antibiotik, pil antijamur dan bahkan steroid. Jika Anda mengalami reaksi terhadap salah satu jenis perawatan ini, maka Anda mungkin menderita sariawan.

Banyak orang menemukan bahwa gejala sariawan mulai muncul segera setelah mereka berhenti minum obat yang diresepkan. Anda mungkin merasa sulit untuk menghilangkan sariawan sepenuhnya saat Anda minum obat, tetapi Anda dapat mengendalikannya seiring waktu dengan menghentikan obat. Dalam kebanyakan kasus ragi akan mati kembali secara alami.

Penyebab lain sariawan mulut termasuk sariawan karena beberapa masalah kesehatan yang mendasarinya. Misalnya, mereka yang menderita diabetes mungkin mengalami sariawan karena kadar gula dalam darah mereka terlalu tinggi, yang memungkinkan ragi tumbuh di luar kendali. Penyakit lain yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme ragi dalam tubuh adalah AIDS atau HIV, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap sariawan. Kandidiasis yang disebabkan oleh beberapa masalah medis seperti diabetes, kanker atau HIV disebut kandidiasis sistemik oral thrush.

Ragi memiliki banyak bakteri menguntungkan di dalamnya. Inilah yang membuatnya tetap terkendali sehingga tidak tumbuh di luar kendali. Ketika ada pertumbuhan berlebih dari ragi, bakteri baik tidak dapat mengikuti pertumbuhan ragi ini dan ragi mulai berkembang biak di luar kendali. Setelah ini terjadi, Anda mungkin melihat bercak putih yang sedikit lebih keras dari biasanya di lidah atau di dalam mulut Anda.

Gejala sariawan bisa sangat memalukan dan jika tidak diobati bisa menyebabkan bau mulut yang sangat buruk. Selain itu, jaringan mulut bisa menjadi meradang yang sulit dibersihkan.

Sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda merawat mulut Anda dengan benar, karena sariawan sering disebabkan oleh ketidakseimbangan kesehatan mulut Anda. Salah satu cara untuk mencegah sariawan adalah dengan menghindari makan jenis makanan tertentu, seperti yoghurt, bawang putih, bawang bombay, serta buah dan sayuran tertentu.

Jenis lain dari infeksi jamur pada orang dewasa adalah sariawan yang disebabkan oleh seks

Penyakit menular seksual (PMS) terkadang dapat menyebabkan sariawan, dan ini adalah alasan lain mengapa Anda harus melakukan hubungan seks yang aman.

Beberapa wanita juga menderita sariawan karena penggunaan produk kebersihan mulut tertentu seperti obat kumur, pasta gigi, dll, terutama saat melakukan douching. Ini dapat memperburuk kondisi karena merampas lapisan pelindung alami kulit Anda, yang menyebabkan pertumbuhan ragi yang tidak terkendali.

Anda mungkin menemukan bahwa dokter Anda dapat meresepkan obat untuk mengobati sariawan, tetapi ada pilihan lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Dalam beberapa kasus, pengobatan alami dan obat bebas dapat membantu.

Banyak orang menggunakan minyak pohon teh atau buttermilk, yang merupakan alternatif alami yang aman dan mudah digunakan untuk mengobati sariawan. Selain itu, ada beberapa perawatan lain, seperti suplemen seng yang dijelaskan di SA-MP Thai, yang akan membantu memperkuat sistem kekebalan Anda dan mencegah pembentukan ragi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *